NURHAYATI, 3012012128 (2016) STRATEGI KOMUNIKASI USAHA DAGANG AWAINA DALAM MEMASARKAN PRODUK TERASI DI GAMPONG SIMPANG LHEE LANGSA BARAT. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI NURHAYATI.pdf Download (612Kb) | Preview |
Abstract
Strategi dalam bisnis adalah arah atau jalan yang akan ditempuh suatu organisasi dalam rangka menjalankan misi bisnis guna mencapai visi bisnisnya. Strategi pemasaran terasi Awaina dengan memperjualkan barangnya pada toko rempah-rempah yang berada di pasar dan sekelilingnya agar mudah peminat untuk mendapatkan. Seperti pendapat bapak Sulaiman pemilik usaha produk terasi Awaina dalam sebulan bisa mencapai 800 kg perbulan yang dipasarkan dan perhari pembeli langsung ketempat bisa mencapai 60 kg. Terasi sangat diminati oleh penduduk kota langsa, warung-warung makan dan ada pula dijadikan oleholeh, yang digunakan dalam perasa tambahan makanan yang lezat dan aroma yang tajam. Perumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah strategi komunikasi usaha dagang Awaina dalam memasarkan produk terasi di Gampong Simpang Lhee Langsa Barat, dan bagaimanakah hambatan-hambatan komunikasi dalam pelaksanaan pemasaran produk terasi di Gampong Simpang Lhee Langsa Barat. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terasi Awaina di Gampong Simpang Lhee Langsa Barat dan untuk mengetahui hambatan-hambatan komunikasi dalam pelaksanaan pemasaran produk terasi Awaina di Gampong Simpang Lhee Langsa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Maka, penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang secara langsung dari sumber utama dan data sekunder sebagai memperkuat jawaban dari data primer dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, dan menggunakan teknik analisis data dengan mengolah dan menganalisa data dengan cara yang tepat. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi usaha dagang Awaina dalam memasarkan produk terasi di Gampong Simpang Lhee Langsa Barat ialah dengan mempertahankan harga yang selama ini telah ditetapkan kepada konsumen, menyewa kios-kios yang strategis di pinggir jalan dan adanya spanduk untuk menarik pelanggan yang luas dan meningkatnya volume penjualan. Kemudian, hambatan komunikasi dalam pelaksanaan pemasaran produk terasi di Gampong Simpang Lhee Langsa Barat yakni pengenalan produk yang tidak secara luasa dalam media massa, lingkungan yang dominannya masyarakat kawasan Gampong Simpang Lhee ini mempunyai usaha yang sama yaitu usaha memproduksi terasi, produksi yang masih sedikit, persaingan pasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H. Zakaria AB, MM Pembimbing II: Dr. Asrar Mabrur Faza, MA |
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASI,TERASI |
Subjects: | Umum > Komunikasi |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 03:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 03:05 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1028 |
Actions (login required)
View Item |